41

Surat Balasan untuk Takita


Dear Takita,

Apa kabar? Maaf ya kalau kakak baru balas suratnya. Pas baca surat dari Takita sebenarnya kakak bingung juga mau jawab apa. Soal mimpi Takita yang ingin semua rumah terdengar suasana hangat dari candaan saat Ayah dan Bunda bercerita. Kakak mau ngomong apa? Kakak saja gak pernah merasakan hal seperti itu. Merasakan bagaimana senangnya mendengar ayah atau ibu kakak bercerita.

Namun, sebenarnya kakak masih sedikit beruntung seh. Dulu, waktu neneknya kakak masih hidup, dialah yang sering mendogengkan kakak cerita-cerita rakyat semacam batu balah batu betangkop, sungai landak, pak loy dan masih banyak lagi. Kalau Takita dan temen-temen pernah mendengar cerita seperti itu gak? Mungkin gak pernah juga yak, soalnya itu adalah cerita rakyat dari Kalimantan Barat. Kalau Takita lahirnya dari mana? :)

Kalau nenek kakak sudah bercerita itu seru banget. Walaupun gak gerak dengan aktif karena sudah tua, tapi nenek sangat suka membuat suara-suara unik yang lucu. Misalnya berteriak : Pak Loooyyyy,, oooo Pak Looyyy..!! Suka banget dengernya :)

Waktu nenek kakak meninggal, otomatis gak ada penurus yang suka bercerita di keluarga karena ibu sibuk mengajar dan bapak kakak juga jarang di rumah. Kangen juga seh sebenarnya mendengarkan dogeng sebelum tidur. Kakak jadi merasakan sangat kehilangan dengan nenek :(

Makanya, kalau kakak punya anak nanti pengen banget bisa menghidupkan nuansa bercerita di rumah. Agar anak-anak kakak nanti bisa seperti Takita yang selalu mendengarkan cerita.Makanya dari sekarang kakak senang mengkoleksi buku sekarang dan sangat menyimpannya dengan baik. Ya karena kakak berfikir buku itu akan kakak wariskan untuk anak-anak kakak nantinya :oops:

Karena seperti kata Takita disurat banyak hal yang bisa dilakukan oleh ayah dan bunda saat bercerita. Kata-kata baru, kebiasaan baru, dan tentunya banyak pengetahuan baru yang bisa didepat dari bercerita. Tentunya kedekatan antara anak dan Ayah Bunda bisa lebih menyenangkan.

Apalagi sekarang sudah banyak banget media yang bisa dijadikan cerita. Buku-buku anak-anak sudah sangat mudah didapat. Bahkan buku dari bahan kain juga ada. Tentu ini akan lebih nyaman buat Takita kan? Soalnya gak susah untuk memegangnya. Sudah seperti memegang boneka. :mrgreen:

Ada lagi cerita-cerita rekaman. Takita pasti udah pernah denger dong kan suara merdu kakak-kakak yang memajukan Indonesia bercerita? Takita seharusnya harus bersyukur hidup di jaman yang serba mudah seperti sekarang.

Kakak berharap, mimpi Takita untuk menjadikan anak-anak Indonesia bisa menikmati suasana cerita dan mendogeng di rumah bersama Ayah dan Bunda menjadi kenyataan ya. Yuk kita berusaha bersama-sama. Kakak akan membantu sekuat tenaga kakak agat mimpi kita dapat terwujud. Kakak tentunya juga akan mengajak temen-temen kakak yang telah mempunyai anak untuk membiasakan kebiasaan ini. Bercerita juga dapat membuat anak cerdas kan yak :)

Sudah dulu ya Takita surat dari kakak. Pesan kakak jadilah anak yang pintar. Peganglah selalu mimpimu untuk menjadikan anak-anak Indonesia mendengar cerita. Karena kakak yakin, niat tulusmu akan selalu mendapat dukungan dari siapapun yang mendengar ketulusan mimpimu.

Salam sayang,

Kak Niee.

53

INDRA


Haaaaiiii.. Hallooo.. Apakabar semua?

Pernah denger Indra dong? Apa seh yang terlintas sama temen-temen kalau aku menyebut indra. Apakah sesuatu yang bisa melihat hal-hal ganjil yang biasa orang bilang indra keenam? Atau bukan apa tapi siapa? Siapakah Indra itu?

(waahh kok malah banyak tanda tanya diparagaf di atas yak :P )

INDRA ITU ADALAH AKU!

Hihihihi, pada bingung yak! Jadi gini. Kemaren seperti biasa pulang dari kantor jam 4 atau jam 5an aku kebanyakan duduk duduk dulu di ruang tengah rumah bersama dengan ibu. Waktu seperti inilah waktu yang terbaik aku berbicara dengan ibuku tentang apa saja. Ya tentang rumah, kerjaan ataupun cerita-cerita masa lalu yang teringat untuk diungkit.

Kali itu ibukupun bercerita tentang masa kehamilannya. Ketika anak pertama, ibu aku telah menyiapkan dua nama, kalau anak cewek akan diberi nama Indri, dan kalau anak cowok akan diberinama Indra.

Dewa Indra (sumber : http://www.jnanam.net)

Ya, sudah pada tahu dong aku itu punyanya kakak, jadilah nama Indra tetep disimpan ibu untuk anak keduanya. Saking pengen dan yakinnya ibu bahwa akan melahirkan anak kedua laki-laki, ibu gak terlalu mempersiapkan nama anak perempuan dong, jadilah ibu masih memegang teguh nama Indra itu hingga detik-detik terakhir lahirlah aku sebagai anak perempuan yang imut nan cantik :oops:

Ibu aku bingung dong, langsung carilah nama-nama yang bernilai historis tinggi. Dapatnya ya irma dari namanya adek irma suryani. Tapi karena gak mau juga menjadikan irma nama utama, ibu akupun memcocok-cocokan kata yang pas dengan irma, jadilah irni :lol:

Dari kecil, aku sangat bangga dengan nama aku. Karena hingga saat ini aku gak pernah loh ketemu secara langsung orang yang namanya sama dengan aku. Makanya aku berfikir nama aku unik.

Membanyangkan jika aku tetap terlahir dengan nama indra pasti gak banget deh.

PERTAMA

Karena nama aku akan kembaran dengan nama kakak : Indri dan Indra. Hiyaaahh,, gak kreatif bener dah ibu aku yang terasa amat membosankan yak -_-“

KEDUA

Aku akan punya teman yang namanya sama dari TK sampe Kuliah. Iyaaa… aku dari TK sampe kuliah selalu ada dong nama temen yang Indra. Jadilah mereka akan bingung untuk memanggil kami berdua (atau bertiga) kan yak. Nama irni sangat membantu untuk tidak memusingkan teman satu kelas memanggil :P

KETIGA

Aku sekarang gak bisa suka nonton korea atau beli gaun lagi. (ok ini emang alasan yang dibuat-buat banget :P )

Yah, begitulah cerita tentang nama aku sebelum lahir. Kalau temen-temen pernah denger orangtuanya cerita nama-nama yang dipersiapkan sebelum kita lahir gak? :mrgreen:

NB: sambil searching keyword indra yang aku temukan ternyata indra itu seorang dewa menurut kepercayaan hindu loh. Jadi indra itu dewa cuaca dan raja khayalan yang menguasai delapan aspek-aspek alam (sumber di sini ) Tapi pas aku searching di wiki untuk mencari nama aku ternyata gak ada dong.. Aahh saking uniknya nama aku gak terkenal dan gak ada arti sebenarnya sama sekali yak >.<

82

Ayo Ngeblog: Perjalanan Ngeblogku..


Hidup seseorang adalah sebuah cerita. Cerita yang seperti sidik jari, tak ada yang sama antara satu dengan yang lainnya. Bagai perhiasan indah dari untaian-untaian kata, yang ketika dibuka seperti harta karun yang menganga indah untuk dipandang dan diambil hikmahnya.

***

ahnku.wordpress.com/

“Kamu ngeblog, di mana?” tanyaku pada seorang teman pada tahun 2007 awal.

“Di Friendster” jawabnya sambil mengutak-atik halaman friendsternya sambil menulis testimonial di halaman milik seorang teman lainnya yang duduk saling berdampingan di kelas Algoritma dan Pemograman I.

Yak, itulah pertama kalinya aku mengenal blog. Bukan, bukannya aku gak tahu apa itu blog. Tapi lebih kepada pertama kalinya aku menulis sesuatu di blog (Aku mencari-cari alamat blog aku di friendster tapi gak ketemu, sadar gak kalau frienster sekarang jadi semacam online games gitu? >.< ) Tapi aku merasa gak nyaman saat menulis di blog milik FS, kemudian temankupun mengenalkan aku kepada blogspot. Maka resmilah aku memiliki blog http://irniirmayani.blogspot.com pada Juni 2008 yang aku selalu yakini sebagai blog pertamaku :mrgreen:

Pertama kali ngeblog, aku hanya tahu yang namanya menulis. Setiap seminggu sekali aku ke warnet untuk menulis sesuatu ke dalam blogku. Kegiatan blogwalkingpun aku lakukan yang membuat aku iri melihat banyaknya blog yang mempunyai komen (iya, beberapa tahun aku ngeblog aku gak tahu bagaimana caranya dapet komentar :oops: ) Dilihat dari komentarnya pun mereka saling menyapa dengan akrabnya. Pemikiran gembel akupun bertanya:

“Ini orang-orang semua temennya ngeblog yak? Kok bisa saling tukar komentar seperti itu?” :lol:

Awalnya aku sangat malu untuk menuliskan sesuatu di kolom komentar. Lah, aku ini siapa yang sok akrab dengan orang yang gak pernah aku ketemu apalagi kenal sama sekali? Jadilah aku hanya berputar-putar kesesama temen kenalan di dunia nyata untuk saling berkomentar. Ujung-ujungnya? BOSAN!

Septermber 2010 akupun membuat blog lagi, setelah sekian banyak blog yang aku buat sebelum-sebelumnya di blogspot dan Tumblr akhirnya aku memutuskan untuk memulai menulis di wordpress. Aku mulai memberanikan diri berkomentar di blog-blog para seleb blog seperti Diana Rika Sari, Bena Blog, Chiken Strip, Sepatu Merah dan masih banyak lagi. Pemikiran aku adalah, kalau aku berkomentar dan gak dibalas, toh semua yang berkomentar disana juga bernasib seperti aku, jadinya gak buat malu :P

Dengan banyaknya meninggalkan jejak di beberapa blog, blog akupun mulai mempunyai pengunjung. Ya, walaupun masih sedikit (lah, emang sekarang udah banyak niee? :P ) Dari satu postingan hanya ada 2 komentar, hingga sekarang yang sudah ada beberapa komentar. Akupun senang *caelaaahhh* 8)

Komentar, menurut aku penting. Ya walaupun aku bukan penganut harus komentar disetiap postingan, tapi penting disini adalah dengan berkomentar jarak yang terasa jauh dengan para blogger kian mendekat. Yang biasanya terasa asing untuk dibaca, lama kelamaan seperti mendengarkan cerita teman. Dari berkomentar, kemudian tumbuhlah kedekatan hingga membuat kita ingin bertemu dengan mereka secara nyata.

Bagaimana bentuknya? Bagaimana rupanya? Bagaimana perawakannya?

Dari yang hanya membaca, sekarang aku seperti ada kehidupan lain. Kehidupan yang mempunyai banyak teman dan sahabat. Kehidupan yang mempunyai orang tua dengan tulisan-tulisannya yang kadang mengingatkan aku sebagai remaja (wooooyyy,, udah gak cocok woy ngatain diri sendiri remaja :P ) atau sebagai anak, bagaimana pemikiran-pemikiran orang tua kepada anaknya. Bagaimana kasih sayang orang tua kepada anaknya. Bagaimana pemikiran seorang pedagang kepada pemerintah. Bagaimana pemikiran para roker tentang PT. KAI. Bagaimana pemikiran seorang istri baru. Bagaimana senangnya menikah. Bagaimana bahagianya kelahiran anak pertama, kedua dan ketiga. Bagaimana mahalnya harga pendidikan yang kian mencekik. Bagaimana kehidupan seorang PNS disebuah kota kecil. Bagaimana indahnya pacaran. Bagaimana sedihnya putus cinta. Bagaimana ide-ide yang terlontar yang kadang akupun tidak pernah memikirkannya. Bagaimana bahagianya aku membaca semua itu :)

Dengan blog, aku bisa merangkaikan semua ceritaku. Cerita yang ingin aku bagikan kepada teman, keluarga dan jika Allah berkenan juga kepada anak-anakku nanti.

Bagi aku blog aku seperti rumah kedua. Yang jika jenuh dengan rumahku disana, aku akan kesini dengan sejuta cerita yang bisa aku ceritakan. Lalu, dengan alasan apa lagi buat kita gak ngeblog? Aahhh,, rasanya blog teramat menyenangkan untuk dinikmati :)

***

Postingan ini diikutsertakan dalam Kontes Ayo Ngeblog: Saya Ngeblog, Kamu…??!! pada blog duniamuam

62

Nikah, HKN, Anjing dan Hadiah


Haiii…. Hallooo… Apakabar semua? Baru aja 4 hari ditinggal neh blog udah ada 2 temen blogger yang hiatus. Sebenernya aku gak tahu juga hiatus itu masuk berapa lama. Coz kalau aku mah bisa 2 minggu gak posting tapi tetep aja aku ganggep diri aku gak hiatus, soalnya ya klo gak posting emang sedang sibuk *sok sibuk* :P Mudah2an aja temen2 yang sedang hiatus diberikan semangat lagi buat nulis blog, habisnya 2 blog itu aku suka seh kunjunginnya :)

Masih tanggal 14, tentu masih dengan berita seputar nikah-nikahan. Mulai dari hari jumat seperti yang aku ceritain kemaren kalau ada temen aku yang nikah dan aku turut sedikit sibuk ngebantuin ngantar undangannya. Awalnya aku pengen banget ngikutin acara ijab kabulnya. Soalnya kan yang nikah ini termasuk temen deket juga. Tapi karena masih anak baru dikantor dan perijinan kalau mau keluar itu susah banget, jadinya aku hari jumat masih aja kerja.

Ijab kabul direncanakan pukul 2 siang. Tapi pukul 2 kurang aku masih aja ngedon ngerjain tugas yang menumpuk. Pukul 2 udah ada tanda2 si bos ngebolehin keluar, jadi langsung nelponin si ika buat ngejemput dikantor. Masalah pakaian udah gak perduli juga. Gak papa deh masih pakaian kantor yak >.< Akhirnya bisa keluar dari kantor pukul setengah 3, ngejemput si wiel dulu di kantornya dan sampe di tempat acara pukul 3 kurang. Dan udah ketebak kalau acara ijab kabulnya udah selesai :(

Untungnya (biasa orang melayu mah selalu aja untung :P ) acara nikahnya ada acara adat jawa gitu, jadi inti acaranya seh belum selesai. Makanannya juga belum dibuka gitu (ini yang penting *eh :lol: ). Jadi kami gak merasa terlalu telat deh :oops:

Penikahan Sita dan Indarto, Jumat 11.11.11

Masuk hari sabtu aku kembali ke kegiatan kantor. Pada tahu gak kalau hari sabtu kemaren atau lebih tepatnya tanggal 12 Nopember kemaren adalah HKN (Hari Kesehatan Nasional) yang ke 47. Serius sebelum kerja di Dinkes aku gak tahu kalau HKN itu ada :P

Untuk merayakan HKN di kantor aku mengadakan beberapa kegiatan yang berkaitan dengan Promosi Kesehatan yang puncaknya pada hari Sabtu kemaren kantor mengadakan gerak jalan sehat dan beberapa perlombaan. Acaranya mulai pukul 6 pagi aja gitu, tapi semangat 45 buat ikut karena tergiur akan doorpricenya yaitu sepeda pixi dan seli. Ya maklumlah, aku pengen banget punya sepeda, tapi karena merasa belom perlu juga jadi gak beli2. Kalau dapet hadiah kan beda yak rasanya :mrgreen:

Udah capek2 nunggu eh pertengahan pas hadiah hiburan nomor aku dipanggil. Awalnya seneng, ya paling gak nomor aku ada disebut deh. Eh pas lihat hadiahnya gak banget, cuma tas kantong kain gitu yang banyak aku dapet diberbagai pelatihan (curiga ini hadiah juga dapet dikumpulkan dari berbagai pelatihan :P ). Tapi masih semangat dong karena ada 3 kupon lagi yang ada sama aku dikasih ama panitia. Sampai pukul 10 doorpricenya dibacakan tetep gak dapet dong :cry: dan yang dapet malah polisi yang bantuin jaga kegiatannya. Bener2 beruntung deh tuh polisi >.<

Hari Kesehatan Nasional Ke 47

Pulang-pulang dengan perasaan kecewa dapet tweet dari @kirniadiara, dia bilang si owy yang pernah aku bantuin beli dengan susah payah itu udah punya anak dong sekarang. Anaknya ada 4, tapi sampe sekarang aku belom pernah lihat anakya. Pengen banget seh. Mudah2an dalam waktu deket deh bisa lihat secara langsung.

Owy dan keempat anaknya

 Selain mendapat kabar gembira dari nia, pulang kerumah aku mendapatkan hadiah lagi yang dikirim langsung dari Bali. Yak apalagi kalau bukan hadiah aku yang memenangi kontes yang diadain Hani.

Buku dan Dompet dari Hani

 Makasih banget ya Hani atas hadiahnya. Aku dapet satu buah buku kumpulan tulisan dari blogger detik.com dan satu buah dompet gede gitu. janji aku seh buat ngereview buku yang dikasih. Ya mudah2an dalem waktu deket deh, soalnya sekarang lagi sibuk2nya jadi kurang bisa membagi waktu buat baca buku >.<

So, selamat hari senin buat semuanya.. Selamat beraktifitas. Masih ada yang mau nikah tanggal 20.11.2011? Aku noh udah banyak aja undangan numpuk. Maklumlah anak gaol seantero kota Pontianak emang terlalu terkenal jadi banyak dapet udangan. Ya asal jangan pas aku ngundang ntar aja gak ada yang pada dateng. Aku cubit ntar satu2 :P