Dibuang Sayang – About

Tags

, , , , , ,


Ceritanya dari pertama kali aku buat blog ini halaman About yang pertama aku buat gak pernah sekalipun aku lirik-lirik apalagi buat mengupdatenya. Pas mau ngupdate yang baru kok ya sayang aja gitu tulisan yang lama ini langsung dirubah tanpa disimpan terlebih dahulu.

Kalau mau direview sedikit ternyata udah banyak yak yang berubah dan berkembang dalam hidup aku dikurang lebih 5 tahun ini (ya ampuuuunnn… udah lima tahun aja loh ternyata >.< )

1. Dari segi tulisan aku masih suka nulis gaya warna-warni (yang males aja aku ngulangnya disini :P dan miring-bold sana sini. Ya bisa dibilang seh kerajinan atau ALAY ya. Hihihi.

2. Masih mimpi jadi penulis (walaupun sekarang masih pengen seh buat satu buku aja yang diterbitkan, tapi keinginannya udah rada berkurang banyak seh. Sekarang lebih banyak mikirin anak ntar jadinya apa :D )

3. Baru lulus kuliah, belom masuk kerja (pantesan alay :P ) dan semangatnya masih sangat menggebu-gebu gak tentu arah. Hahaha. Sekarang udah kerja 4 tahun, udah merasakan enak gak enaknya jadi PNS (yang aku usahain untuk gak terlalu banyak bercerita di blog soal kerjaan seh yak) dan bahkan barusan dapet SK naek pangkat! Yeaaahhhhh :mrgreen:

4. Masih suka nonton bola! Sekarang Niee? Udah gak sempat lagi kakak! Nonton bola itu menyita waktu dan energi banget! Karena aku gak suka nonton setengah-setengah yang kalau ada tayangan aja baru nonton dan gak ngikutin satu musin rasanya kurang seru yak. Jadi sekarang udah menyerah dengan yang namanya bola. Mungkin ntar kali yak kalau anaknya udah gede aku mau ngikutin lagi nonton bolanya.

5. Yang terakhir menyatakan akunya kurang kerjaan. HOK! Beda bangetkan yak dengan postingan aku yang ini tentang mencari keseimbangan karena merasa waktu sangat berkurang.

So, ini dia ‘Tentang Aku’ yang aku tulisan sekitaran akhir tahun 2010.

***

Melihat banyaknya yang antusias mengklik halaman about milik aku ini *caelah* maka akupun berkepikiran untuk membuat halaman ini rada panjangan. Ini hanya murni agar kalian yang kesasar kehalaman ini cukup senang membaca di sini berlama-lama (kalau perlu sampai seharian :lol: ).

Ok, kita mulai saja lah. TERENG TENG TENG!!!!

Seperti yang telah kita ketahui beramai-ramai nama lengkap aku adalah IRNI IRMAYANI (itu loh dari domainnya aja udah kelihatan kan?) *sokngartes* :oops: Aku anak kedua dari dua bersaudara, beda dengan kakak cuma 2 tahun lebih gitu jadi gak termasuk sejenis anak bungsu yang manja (boleh dicek dikampung sebelah) *nahloh*. Lahir, sekolah SD, SMP, SMA, kuliah dan kerja di Pontianak (baca: membatu di kota yang panas namun sangat kucintai ini :mrgreen: ). Lahirnya sendiri pada tanggal 21 Agustus. Yang mau kasih kado boleh loh, ditunggu malah. *sengajadobold* :lol:

Dulu seh waktu kecil bercita-cita jadi model, secara gitu punya badan yang bohai nan eksotes (mari kita ketawa beramai-ramai) tapi karena gak mau dikenal terlalu banyak orang *alesan* jadi lebih memilih pingin jadi penulis. Sampai sekarang masih mimpi jadi penulis seh, tapi ya gitu deh, gak tahu juga deh, apa deh, hmmmm iya deh *gakjelas*.

Pernah mengenyam pendidikan perkuliahan di Teknik Informatika Universitas Tanjungpura tahun 2006 dan Alhamdulillah udah lulus November 2010. Ceritanya ada aku tulis di sini dan di sono. Lulus kuliah karena gak tahu juga mau kerja apaan jadi nyoba2 aja pas ada pembukaan CPNS tanggal 4 Desember 2010. Eehhh,, yang asal aja gitu ikutan gak tahunya lulus, jadilah aku sekarang berpredikat sebagai CPNS kota Pontianak (waktu nulis ini aku belum masuk kerja, jadi gak tahu gimana kerjanya ntar), hehehe..

Karena aku ingin menjadi anak gaol seantero Pontianak gitu *ampunisaya* jadi aku punya hobi menulis (nah gak nyambung kan!), baca novel (terutama novel yang bengenre fantasi kayak Harry Potter, Narnia, Percy Jackson, ect), nonton film (segala jenis film kecuali film mesum Indonesia *huek*), jalan2, traveling, makan, dan tentunya tidur :mrgreen:

Fans berat dari Manchester United dan Tim Nasional Inggris *bangsai* dari tahun 2002 dan mungkin sekarang pendukung Tim Nas Indonesia juga (bukan karena Ifran Bachdim loh yak!).

Awal mulanya membuat blog ini untuk keperluan curcol aku yang gak bisa kebendung *halah*, hehe. Enggak ding, maunya seh jadi sarana menyuarakan celotehan2 aku yang gak penting tapi dipenting-pentingin :D Makanya blog ini aku namain Celoteh Niee. Niee sendiri diambil dari panggilan aku ni dari Irni *begono*.

Nah, udah tahu kan siapa aku. Kalau masih kurang silahkan tanya beramai-ramai dikolom komentar, pasti akan akan jawab (karena sayah kurang kerjaan).

bye bye..

Tips Liburan Bersama Bayi

Tags

, , , , , , , , , ,


Hiyaaaaa… Si Niee sok-sokan ngasih Tips. Padahal mah gak pakar-pakar juga. Tapi ini berdasarkan pengalaman pribadi aja seh.

Jadi setelah dua kali melakukan perjalanan yang lumayan jauh dan lama bersama si K (yang pertama ke Bogor dan Jakarta selama 6 hari (11 mo) dan yang kedua ke Kuching – Bangkok – Kuala Lumpur selama 10 hari (1yo)) dan terbilang sukseslah yak karena gak ada kendala yang berarti. Aku dapat menarik beberapa poin penting yang harus diperhatikan para orang tua agar selama perjalanan anak merasa nyaman dan aman.

1. Persiapkan barang bawaan bayi/balita yang Lengkap

Ini soal apa-apa yang mau dibawa selama perjalanan. Karena konsepnya adalah barang-barang bayi/balita jadi aku lebih prepare membawa semuanya dari rumah. Gak ada deh yang namanya nanti aja nyari ditempat. Iya kalau ada, kalau gak ada gimana?

Barang-barang si K yang aku persiapkan untuk dibawa adalah:

  • Pakaian. Selama ini aku membawa pakaian sejumlah hari pergi dikali tiga. Ya kalau kemaren aku pergi selama 10 hari berarti aku bawa baju K itu 30 pasang. IYA TIGAPULUH PASANG! Bahkan aku melebihkan beberapa helai lagi seh. Ditambah dengan jacket dua buah, sepatu dan sendal serta beberapa kaos kaki. Hasilnya gimana Niee? Kalau pas perjalanan si K umur 11 bulan emang pas seh itungan 3 pasang sehari itu. Nah kalau pas setahun lebih kemaren kelebihan banyak! Hahahahaha. Aku ternyata bisa menghemat beberapa pakaian sehari hanya 2 pasang. Jadi untuk perjalanan selanjutnya aku bakalan hanya membawa pakaian si K jumlah hari dikali dua aja deh, baju jalan sama baju tidurnya aja :mrgreen:
  • Diapers. Sama dengan pakaian aku juga bawa diapers sejumlah hari yang akan aku pergi. Karena si K biasanya sehari ganti diapernya sampe 5 kali. Jadi aku bawa 50 buah! :lol:
  • Perlengkapan mandi. Mulai dari sabun, shampo, minyak telon, bedak, sisir, minyak wangi, cream kulit, sikat gigi, sampe handuknya juga jangan lupa. Ya kalau kita yang gedekan emang bisa memanfaatkan apa yang ada dari hotel yak. Nah kalau bayi/balita kan gak bisa tuh. Aku sendiri kalau jalan ke rumah keluarga juga gak mau tuh pinjam sabun atau bedak dari anaknya saudara kalau merknya beda. Kan kulit bayi sensitif ya, lebih baik ya bawa yang emang biasanya anaknya pake aja.
  • Perlengkapan masak. Nah, ini karena si K masih makan nasi lembek dan gak pernah aku kasih makanan instan jadilah setiap pergi aku selalu membawa segala kompor listrik, rice cooker, panci, piring, mangkok dan segala perlengkapan masak lainnya. Eh bawa beras, bumbu masak kayak garam, bawang, liak, kunyit sampe sayuran yang mudah dibawa semacam kentang sama wortel juga loh.
perlengkapan tempur K

perlengkapan tempur K waktu jalan ke Bogor

2. Hotel/Penginapan yang dekat dengan Pasar/Fresh Mart

Nah, ini balik lagi kekebiasaan aku yang selalu masak untuk K saat liburan, maka lokasi hotel yang dekat dengan pasar sangat penting untuk kelangsungan masak memasak ini.

Dulu waktu di Bogor seh emang hotel aku dekat pasar yak. Nah, kalau pas Jakarta kemaren aku belanjanya ngandelin Indomaret Plus yang ada jual bahan makanan segarnya.

Kemaren pas di Bangkok Hotel aku seh emang deket dengan salah satu pasar tradisional yak. Tapi pas kesana kok ya isinya daging yang aku gak boleh makan ada disemua tempat yakk. Kan jadi ragu mau masaknya >.< Karena hal itulah aku lebih memilih naik BTS menuju ke pasar modern buat beli bahan masaknya. Rada ribet seh, tapi yang penting hati tenang aja :D

Sebelum pergi, foto-foto dulu di depan hotel :D

Rizen Premiere Hotel Bogor, tinggal naek ojek 10ribu udah bisa sampe ke pasar tradisional :D

3. Buat Itenerary yang Fleksible buat Bayi/Balita

Aku dari dulu emang lebih suka kalau jalan-jalan tanpa paket Tour. Lebih seru aja gitu rasanya bisa kemana-mana aja terserah kita yang ngatur jadwalnya. Gak terikat waktu dan dapat menyesuaikan dengan jadwal kebiasaan kita sendiri.

Untuk yang bawa bayi/balita jalan-jalan sendiri tanpa paket Tour ini juga menyenangkan karena kita bisa pergi sesuai dengan pola bayi/balita kita tersebut.

Misalnya aja neh, si K itu polanya adalah bangun jam 5 pagi. Terus mandi dan makan sampe jam setengah delapan. Jam setengah sembilan biasanya nenen terus bobo sampe jam setengah 10 atau jam 10. Nah, waktu bangun jam 10 itulah aku baru pergi jalan-jalannya sampe sore/magrib.

Bayangin kalau aku harus pake paket tour yang udah janjian dari jam 7/8 pagi. Walaupun paket tour pribadi sekalipunlah. Rasanya kok ya gak asyik aja ditungguin sama orang padahal jadwal kita gak menentu.

Si K bobo siang di Hotel KL. Emak dan K nya kemudian ditinggal Papanya jalan-jalan ke Mall Pavilion >.<

Si K bobo siang di Hotel KL. Emak dan K nya kemudian ditinggal Papanya jalan-jalan ke Mall Pavilion >.<

Ya karena jalan-jalan semau aku juga, siangnya juga lebih bisa fleksible kapan ngasih makan K atau kalau K kelihatannya udah kelelahan langsung cari tempat yang nyaman buat nidurin dia. Pokoknya kalau udah bawa anak itu jangan ngoyo deh harus pergi kesemua tempat yang diomongkan disitus travel. Kan niatnya juga jalan-jalan buat nyenengin anak (dan emaknya :P) makanya asal anaknya senang aja deh pokoknya :)

4. Sisipkan tempat yang asyik buat Bayi/balita

Lagi-lagi, jangan karena ngoyo mau dapet pergi kesemua tempat di Kota/Negara yang udah dikunjungi jadi melupakan kesenangan anak kita itu sendiri loh.

Aku sendiri sebenarnya gak suka sama binatang, tapi si K itu seneeeeengggg banget kalau udah lihat binatang secara langsung. Makanya untuk liburan pertama si K aku memasukkan taman Safari ke dalam list di Itenerary liburannya. Pas di Jakarta aku ngajakin si K buat ke Miniapolis dan pijet di Mom and Jo Baby Spa. Pas di Bangkok aku datang ke Sea Lifenya Bangkok. Pas di KL aku pergi ke taman di Putra Jayanya buat ngajakin K lari-larian.

Papap neh ambil wortel Katniss. Katniss berani kok pap ngasihnya sendiri :P

Papap neh ambil wortel Katniss. Katniss berani kok pap ngasihnya sendiri :P

Selain menyisipkan tempat yang enak buat si anak, kita sebagai orang tua juga jangan deh dateng ketempat yang gak asyik buat anak kalau gak penting-penting amat.

Seperti aku waktu di Bangkok pengen banget ke Chatuchak. Bahkan kedatangan aku di Bangkok dipas-pasin waktunya di hari sabtu malem buat bisa ke Chatuchak hari minggu paginya. Tapi ya namanya baru rencana seh yak. Sampe ke Bangkok malah udah jam 10 malem plus adanya kejadian yang gak enak sama Hotelnya yang akhirnya baru bisa masuk kamar tengah malam. Chatuchak yang cuma terdiri dari pasar-pasar pasti yang mengenakkan buat si K kan yak. Akhirnya aku coret deh dari tujuan yang akan aku kunjungi. Ya paling gak ada alasan buat balik lagi ke Bangkok kalau K udah gede kan yak. Nemenin emaknya belanja di Chatuchak! :mrgreen:

5. Bebaskan anak bermain

Iyaaaakkk… jangan sampe karena kita gak mau capek, gak mau repot akhirnya si anak cuma ditaroh aja gitu di stroller dan dibawa kemana-mana dari dalam sono. Kasiankan anaknya. Dia juga gak bisa bereksplorasi dengan hal-hal baru yang dilihatnya deh.

Aku sendiri memang bawa gendongan dan stroller buat K. Mengingat waktu pergi ke Bogor kemaren gak bawa apa-apa jadinya pas si K tidur malah anaknya digendong kemana-mana yang udalah repot, anaknya juga pasti gak enakkan yak badannya. Tapi perlengkapan itu semua cuma sekedar pada saat berpergiannya (waktu naek BTS, Monorail atau bis) dan kalau anaknya kelihatan capek dan tentunya buat tempat kalau anaknya tidur.

10426300_10206320443553946_3290781614856869232_n11009983_10206300745301502_3731931857311116712_n 11102929_970005996344020_5599771746201272985_nSelebihnya aku biarin aja si K lari-larian ditempat-tempat tersebut. Kayak di kuching aku biarin si K lari-larian disepanjang waterfrontnya. Pas di bangkok aku biarin si K jalan di Grand Palace atau di Madam Tussaunds dan di Sea Lifenya. Dan yang paling K senang tentu lari-larian di Taman pas diajak ke Putra Jaya. Pasti anaknya seneng deh dilepasin gitu :D

***

Kalau temen-temen yang biasa traveling bawa anak apa aja tipsnya? Tambahin dong :)

Tentang Keseimbangan

Tags

, , , ,


Tunggu-tunggu. Si Niee mau bicara serius? Gak juga seh. Hihihi..

Ini berawal dari postingan Teh Erry tentang Spanzzing. Setelah membaca postingan itu, kok aku merasa ngena banget yak. Ngena dalam arti bahwa Teh Erry udah dapat menemukan caranya sendiri untuk mendapatkan keseimbangan antara ngeblog – drama korea – dan tentunya dengan Fathir Kayla (dan abah juga gak seh teh? :P )

Eh tapi sebelumnya temen-temen aku di sini ada yang belum kenal sama Teh Erry gak seh? Rasanya emak-emak satu ini udah terkenal banget gitu loh. Kalau belum pada kenal baca ke sini deh. Kalian bakal menemukan blog yang emak-emak banget. Eiitssss tapi jangan salah, dibalik ke emak-emakannya Teteh aku satu ini sangat banyak prestasinya loh. Sering menang lomba blog yang dapat bermacam-macam gadget mahal nan ketje (yang entah mengapa jarang dipake seh teh, pake dong! ) bahkan sampe bisa ke Korea gratis sebanyak dua kali! BAYANGKAN! *sampai sekarang aku masih iri teeehhh* ihiks :P

Tapi jangan asal iri aja seh yak kita, kalau baca postingan-postingannya yang membuat dia sampe mendapatkan semua itu, kita pasti bisa ngerti lah yak dia emang layak buat mendapatkan itu semua. Selain Research yang sangat mendalam dan sangat terperinci (aku sangat kagum loh sama orang yang bisa hapal bagian bahkan kerkecil dari drama korea dan itu dilakukan Teh Erry!) Teteh aku satu ini juga menyelipkan sisi “keemak-emak-annya” disetiap postingannya.

Jadi pernah suatu ketika aku bilang sama teh Erry bahwa dia pasti bakalan menang karena postingan Teh Erry itu dari hati. Lagian temen-temen dia itu banyak dan berinteraksi langsung bukannya temen virtual yang hanya komunikasi satu arah kayak seleb blog ituh! (dan gara-gara itu aku dapet oleh oleh sweeter dari korea, kali aja kali ini aku dapet oleh-oleh lagi *ngarep* :P )

Ehhh… Tunggu-tunggu lagi. Kok aku jadi malah mempromosikan Teh Erry seh! Balik lagi ke tema awal. Tentang Keseimbangan!

Nyatanya adalah dari tahun 2010 aku membangun blog ini selalu saja banyak hari-hari di mana mood aku untuk menulis naik dan turun. Ada saja kambing hitam yang aku salahkan. Pertama saat aku pertama kali masuk kerja pada bulan Maret 2011. Untuk memulai menulis lagi malaaaassssss banget dah. Tapi masih bisa aku lewati dan akupun kembali ke rutinitas awal aku ke menulis blog. Kemudian saat aku menikah pada tahun 2013 hingga sekarang. Iya HINGGA SEKARANG! Dari tahun 2013 itu aku belum bisa move on dari ketidakteraturan aku dengan blog!

Kenapa pusing-pusing Niee? Ini kan cuma blog?

Bagi aku seh blog ini bukan cuma yak. Karena dari blog ini aku punya banyak teman. Dan dari temen-temen ini aku punya banyak ilmu yang bisa aku petik.

Lagian, dengan banyak alasan kambing hitam yang aku buat. Ya karena menikah, dan kemudian langsung hamil, hamil mabok dan lalu melahirkan, melahirkan ngurus anak dan kemudian buyar semua keseimbangannya.

Toh, pada hakekatnya aku gak terlalu sibuk kok. Rutinitasku hanya sehari hari di kantor, balik kantor maen sama anak sampe dia bobo (yaitu pukul 7 malam) dan aku Free. Mungkin kalau jauh dengan aktifitas temen blogger aku si Zilko yang walaupun jadwalnya padat merayap kayak jalanan jakarta tapi masih rutin ngeblog seminggu sampe tiga kali! Eitsss.. ada lagi yang gak kenal Zilko di sini? Dia ini hebat loh, masih seumuran dengan aku (kelahiran 88) yang lagi ngambil PhD di Belanda dan hobinya berakhir pekan keluar negeri! Akhir tahun lalu dia ke India tiga minggu dan barusan dia tiga minggu juga ke Jepang. Pokoknya kalau mau iri lihat manusia yang kerjaannya kok banyak tapi masih bisa sering jalan-jalan dan rutin ngeblog ya ini orangnya.

Keseimbangan itu bisa ada di dekat keluarga, mengerjakan hobi dan bermain bersama teman :)

Keseimbangan itu bisa ada di dekat keluarga, mengerjakan hobi dan bermain bersama teman :)

Emang Keseimbangan yang lo cari apa Niee?

Hmmm.. gak aneh aneh kok. Selain dengan rutinitas yang emang gak bisa disensor aku mau menyeimbangkan diri dengan melakukan hobi yang aku sukai yang dulu aku tinggalkan semenjak hamil dan melahirkan itu. Kayak baca novel, nonton film, nonton korea dan apalagi kalau bukan ngeblog. Tiga diawal sudah aku lakukan dan aku sudah menemukan keseimbangan itu.

Awalnya aku takut ngelakuinnya karena takut kecapean. Takut kalau aku baca novel sampe larut malam dan tengah malam si K bangun aku bakalan ngedumel sama K. Lagiankan K masih ASI Ekslusif sampe sekarang, jadi soal nyusuin K belum bisa diserahkan sama orang lain selagi aku di rumah.

Tapi setelah aku ngejalani kegiatan itu ternyata gak melelahkan kok, asal aku tahu waktunya. Bahwa aku gak boleh lagi tidur terlalu malam. Batas toleransi tubuh aku adalah jam 10-11 malam aja. kalau lebih dari itu aku gak sanggup karena aku masih harus bangun lagi sekitar jam 1 dan jam 3 buat nenenkan si K. Jadi aku harus patuhi itu. Malahan dengan aku melakukan hobi yang aku senangi aku malah mendapatkan energi baru. Mungkin karena gak hanya melakukan hal rutinitas aja kali yak. Jadi aku gak bosenan.

Nah, soal hobi yang terakhir ini yang belum bisa aku cari keseimbangannya. Karena ngeblog itu memerlukan waktu yang lumayan panjang. Dan aku bukan tipe orang yang menulis menyambung dari draft ke draft. Kalau stuck ya ngulang lagi dari awal!

Kalau soal menulis aku masih adalah memposting satu dua tulisan setiap bulannya. Yang masalah adalah soal blogwalking. Sampe sekarang aku parah banget loh! Aku cuma blog walking yang udah aja aku akses gitu. Misal yang masuk reader wordpress karena langsung bisa komen dari Ipad. Atau yang sering update di FB. Yang gak ya gak aku baca! Hiks!

Tapi mudah-mudahan aja aku mendapatkan cara untuk menyeimbangkan itu. Seperti yang aku bilang di atas. Bahwa melakukan hobi itu aku mendapatkan engeri baru asal dapat celahnya! Seo Jin dan Robin aja udah bisa bersatu dan seimbang hidupnya. Masak lo gak Niee? *kemudian nonton ulang drama korea lagi dan lupa ngeblog lagi* *eh :P

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 510 other followers