First Trip K! Jakarta

Tags

, , , , , , , , , , ,


Wadddoooowwww… Udah lama banget ya cerita ini. Udah dua bulan lebih. Hihihihihihi. Tapi karena udah niat bahwa jalan-jalan Katniss kali ini (dan semoga jalan-jalan seterusnya) bisa tercatat di blog jadi tetep harus ditulis :mrgreen:

Jadi selama di Jakarta Katniss jalan ke mana aja Niee?

Karena masih berprinsip jalan-jalan sesuka hati-gak ngoyo-dan sesuai jadwal makan-tidur si K, selama di Jakarta kami sebenarnya gak terlalu banyak beraktifitas. Lebih banyak memanfaatkan waktu bertiga dengan berleyeh-leyeh karena waktu kayak gini jarang banget di dapat kalau udah di rumah. Untungnya Papap si K berbaik hati menginapkan kami di RedTop Hotel yang lumayan mendukung untuk melakukan gerarakan leyeh-leyehnya. Biasanya kan dia berprinsip hotel cuma untuk tidur doang :P

Suasana kamar di RedTop Hotel (gambar ngambil di  booking.com)

Suasana kamar di RedTop Hotel (gambar ngambil di booking.com)

Selain leyeh-leyeh di hotel, rencana pas di Jakarta ini sebenarnya seh cuma jalan-jalan dari Mall ke Mall aja. Lagian buat anak bayi Jakarta sebenarnya ada kegiatan apa yak? Udah gedean aja nanti kali yak ajak ke Dufan atau maen di Kidzania.

Hari Jum’at setelah sarapan di Hotel, Kami bertiga pun memulai Mall Hunternya. Karena dari Pontianak udah research tempat yang bisa ngajak si K maen-maen, maka terpilihnya Plaza Indonesia dengan tujuan utama adalah Miniapolisnya.

Miniapolis ini adalah taman bermain buat anak-anak dari umur 6 bulan sampe 12 tahun. Ada beberapa taman yang dibagi berdasarkan umur si anak. Karena si K waktu itu masih berumur 11 bulan maka aku memasuki Wish Garden

Gimana reaksi si K Niee?

Selama ini kan aku emang gak pernah membawa K untuk bermain di tempat permainan anak-anak kalau di Pontianak. Selain males juga bawanya karena masih kecil, kok ya rasanya gak ada tempat yang bersih banget gitu.

Nah, karena gak pernah ke tempat bermain itulah aku jadi ragu kalau si K bakalan suka dengan tempat ini. Eh tapi ternyata dia suka banget lohhh!

Walaupun saat itu dia cuma masih bisa merangkak dan orang-orang disekitarnya udah pada gede-gede (bahkan ada yang udah umuran SD deh rasanya yang sangat aku sayangkan seharusnya Manajemen Miniopolisnya bisa memfilter anak-anak di ruangan itu hanya untuk umur yang sesuai) yang mana jadi takut dong aku maenin dia dekat-dekat dengan anak anak itu. Eh ternyata si K malah selalu maen dan cari kawan dong. Setiap ada anak yang didekatnya pasti diajakin maen bareng gitu. Aaahhh,,, ini anak ngikut Papanya deh kayaknya untuk urusan sosialisasi. Soalnya kalau emaknya kan susah banget memulai obrolan dengan orang yang gak dikenal :P

DSCN2063 DSCN2088DSCN2051

Sebenarnya seh masih banyak keinginan lain selain cuma maen-maen di Miniapolis ini, kayak potong rambutnya si K di salon khusus anak (cuma pengen nyobain aja seh, kan di Pontianak gak ada :P) beli baju di Mothercare dan foto studio khusus anak TAPI karena si K udah kecapean banget kayaknya jadi dibatalin semua deh dan balik ke hotel untuk leyeh-leyeh lagi :mrgreen:

***

Hari sabtunya lagi-lagi gak ada jadwal yang gimana-gimana banget lagi. Bagun tidur di hotel langsung mandiin si K dan ngasih makan di pingging kolam renang. Pengennya seh langsung nyeburin si K buat berenang. Lagian dia udah lama banget gak berenang, pertama K berenang itu umur 7 bulan dan sampe sekarang juga gak pernah sama sekali berenang (di kolam umum) lagi.

Tapi ya karena emaknya parno takut K sakit saat dalam perjalanan jauh yang pastinya repot buat berobat dan istirahatnya gak jadi deh.

Siangnya kita lagi-lagi bawa si K ke mall aja. Bener-bener kayak turis deh, hihihi. Dan karena gak jadi berenangin si K di Hotel, akhirnya aku memutuskan untuk bawa K buat baby spa aja. Setelah cari info maka terpilihlah Mom & Jo.

Untungnya sebelum pergi udah reservasi lewat telpon dulu. Pesannya jam 3 aja masuk gak masuk jam 4an loh. Udahlah lama nunggunya, ternyata babyspanya gak juga bagus bagus amat. Masih enakan baby spa di Pontianak. Ya kelebihannya seh di Mom n Jo emang dikhususkan untuk baby. Mulai dari tempatnya yang kecil dan ada TVnya yang nyetelin film baby dan bathtupnya pun khusus untuk bayi juga.

Dengan harga yang lumayan mahal, antriannya ampun ampunan (kalau gak reservasi dulu gak bakalan dapet deh) dan kamarnya agak pengap menurut aku, aku kurang suka dan gak merekomendasikan seh yak. Tapi kalau soal pelayanannya seh ok lah, orang orangnya baik baik :D

***

So, begitulah liburan pertama K berakhir. Ini ditulis cepet-cepet karena sebenarnya aku sedang menyiapkan liburan kedua buat K. Iyaaaa… liburan K yang mau ke Bangkok gak terasa tinggal kurang dari dua minggu lagi lohhhh… Padahal beli tiketnya itu setahun yang lalu! Inget bener waktu akunya sibuk-sibuk ngurus K yang belum 40 hari, si Papanya sibuk begadang beliin tiket AirAsia yang lagi promo. Hihihih.

Doain kami semua sehat yak. Soalnya hari ini K resmi pilek :( Mudah2an gak sakit serius deh neh anak. Kan mau liburan K. Sehat ya nak :)

Masih Hits Gak Seh?

Tags

, , , , , , , , , , , , ,


Ngomongin presiden?

imagesOk-ok, sebelumnya aku menidentifikasi dulu. Aku ini bukan fans Pak Presiden kita yang sekarang. Bukan juga pendukung saingannya dulu dipemilu. Bukan juga hatersnya yang setiap buka FB selalu aja ngeshared keburukan Pak Presiden (beserta dengan para menteri-menterinya). Bukan – bukan sama sekali. Aku membaca semua bacaan yang aku anggap ok. Baik itu prestasi sang Presiden maupun kebijakannya yang kadang aku merasa aneh.

Pertama, biarkanlah aku jujur dulu dengan pendapatku dikala belum mengenal sang Presiden.

Karena aku ini hidup di Kalimantan Barat dan berbatasan langsung dengan Malaysia, aku dan banyak orang di sini sering sekali membanding-bandingkan apa yang baik dari Serawak-Malaysia dan apa yang kurang dari Pontianak ini. Di Serawak-Malaysia yang aku tahu adalah (dulu) harga BBMnya lebih mahal daripada di Indonesia. Hal ini sering dimanfaatin oleh penduduk lokal yang tempat tinggalnya dekat dengan perbatasan untuk menjual Bensin kita kesana. Setiap 3 hari dalam seminggu mereka menjual bensin ke Serawak sebesar 300 Liter dengan keuntungan seribu rupiah tiap liternya. Bayangkan berapa keuntungan mereka dari berjualan bensin tersebut setiap bulannya (yak, bagi yang males ngitung, penghasilan mereka adalah sebesar 3,6 juta setiap bulannya dengan kerja “hanya” tiga hari seminggu dan itu tahun 2000an awal loh. gede!). Dan bayangkan juga berapa ketugian negara untuk mensubsidi BBM yang ujung-ujungnya beribu-ribu liternya pada akhirnya sampai ke negeri tetangga.

Karena hal inilah, pada saat SBY menaikkan harga BBM menjadi 6000 perliter yang akhirnya selisih antara harga di Malaysia dan Indonesia tidak terlalu kentara yang menyebabkan para “mafia” BBM bersubsidi itu tidak untung lagi untuk berjualan di Malaysia aku merasa senang. Kemudian akupun berfikiri, subsidi BBM ini memang harus dihentikan!

Belajar dari Malaysia lagi. Bahwa walaupun BBM mereka sangatlah mahal pada jaman itu, tapi harga pangan di sana sangatlah murah (lagi-lagi jika dibandingkan dengan Pontianak). Setelah aku mencari tahu kenapa harga pangan di sana sangat murah? Ternyata penyebabnya adalah Malaysia melakukan subsidi bukan pada BBM mereka, namun pada pangan mereka. Akhirnya harga beras, gula dan sembako di sana jauh lebih murah dari pada di Pontianak yang menyebabkan banyak orang di sini yang akhirnya berdagang (secara ilegal) beras, gula dan kebutuhan pokok lainnya untuk dijual lagi di Pontianak. Pada akhirnya, karena murah orang beramai-ramai membeli beras dan gula Malaysia sehingga beras dan gula lokal tidak laku yang malah makin menambah tingginya harga beras dan gula lokal. Ini lagi-lagi membuat aku berfikir, bahwa BBM boleh mahal (mengikuti harga minyak mentah dunia kalau bisa) TAPI Pemerintah harus bisa mensubsidi pangan! jadikan Malaysia sebagai contoh di mana harga beras perkilo di sana bisa tetap sama dari tahun ketahun hingga sekarang.

Ketiga soal listrik. Pernah suatu ketika aku membaca tulisan Dahlan Iskan ketika dia menjabat sebagai Dirut Utama PLN tentang listrik di China. Secara garis besar dia menjelaskan bahwa listrik tidak bisa terus menerus disubsidi pemerintah jika mau seluruh negeri ini dialiri oleh Listrik. AKu juga setujuh.

Nah, masalahnya adalah ketika Presiden sekarang menaikkan BBM (sesai dengan harga minyak mentah dunia) dan (sekarang) menaikkan tarif dasar listrik secara gak sadar aku juga meributkan itu loh (untungnya gak di media sosial :P ). Lah bukannya lo juga yang dulu mendukung itu Niee? Apa yang salah? Apa karena ini kebijakan presiden sekarang yang gak terlalu lo suka? Jadi ikutan gak mendukung programnya? Hadeh! Malu-maluin ih! *tutupmuka*

Jadi balik lagi sekarang kepada para hatters Mr. President. Apakah kebijakan pak Jokowi ini yang adalah presiden kita bersama sekarang, yang jika dia dihujat oleh negara tetangga harus kita bela (bukannya malah menghujat dari dalam diri sendiri seperti sekarang) semuanya salah? Semuanya jelek? Apakah dulu gak pernah terbersit di dalam fikiran kita bahwa itu adalah benar?

Ya walaupun tentu sebagai kaum-bukan-fans-fanatik-mr-president aku masih saja mengkritik hal yang gak enak yang aku rasakan. Seperti kenaikan harga beras saat ini yang melonjak tajam (Lah aku mendukung pengurangan subsidi BBM kan biar harga pangan turun, bukannya naek! – Tapi kata seorang Lovernya mr. Presiden itu karena ulah mafia import yang sedang ketar ketir Indonesia mau swasembada Pangan seh. Ini videonya –  PANEN RAYA PONOROGO … NO IMPOR BERAS 2015! https://www.youtube.com/watch?v=MKK43j4jlYY&feature=youtu.be – ) Para menteri nyentrik yang gak enak denger omongannya. Dan masih banyak lagi, TAPI aku mulai ingin berfikir jernih. Membuka hati, otak dan fikiran dengan baik seperti ketika para presiden sebelumnya. Bahwa aku seharusnya mengkritik dengan bijak dan memuji dengan baik.

Jangan sampai aku jadi hater yang benci segitu banget atau lover yang suka sampe memuja banget.

.

.

.

note buat diri sendiri. Sekalian nambah-namhani artikel di kategori Celoteh yang udah lama gak diupdate :P

Perkembangan Katniss (13 mo)

Tags

, , , , , , , , , , , ,


Haaaiiiii ….. Haaaallllooooo… apakabar semuanya?? Kabar baek kan yak :D

Tadinya si Niee mau menuliskan perkembangan K pas dia masih umur 12 MO atau pas 1 tahun. Ya tapi rencana tinggallah rencana yak. Kita lanjut aja di 13 MO :P

Perkembangan Motorik Kasar

Karena K pada awal perjalanan motorik kasarnya agak terlambat dibandingkan dengan bayi-bayi pada umumnya (dia baru bisa tengkurap sendiri umur 4 bulan dan baru bisa guling-guling umur 5 bulan) jadi aku gak berharap banget K bisa cepet jalannya.

Umur 6 bulan K baru bisa merayap, umur 7 bulan baru bisa merangkak dengan benar dan umur 8 bulan barulah K bisa duduk sendiri tanpa didudukkan (dia bisa duduk dengan didudukkan umur 7 bulan).

Makin kesini K makin mengejar ketertinggalan di awal perkembangan motorik kasarnya. Di umur 10 bulan K udah bisa berdiri sendiri dan diumurnya yang ke 11 bulan akhirnya K memperlihatkan langkah pertamanya (dan aku bersyukur banget aku yang melihatnya pertama kali :) )

Karena masih gak yakin, aku memprediksikan K akan lancar berjalan diumur 14-15 bulan gitu deh. TAPIIII ternyata K berjuang untuk bisa jalan sendiri sangat besar loh. Dia selalu mau kalau disuruh-suruh berlatih jalan dan tepat diumur 12 bulan K resmi bisa jalan dan lari-larian. Horeeeeyyyyy :mrgreen:

Perkembangan visual dan sosial

Sebenarnya perkembangan ini gak terlalu aku perhatiin dari sejak awalnya. Jadi rada-rada lupa kapan yak pertama kali si K bisa mengucapkan kata, hihihi.

Karena kesalahan fatal itulah aku mau menuliskan perkembangan itu disini, supaya ntar kalau si anaknya nanya, ma kapan yak K pertama kali ngomong ya aku bisa jawab (dan kalau lupa bisa nyontek disini, :P ).

Diusia 12 MO kemaren K emang banyak sekali perkembangannya. Dari yang dulu-dulunya cuma bisa ngomong papapapapa-mamamama-nenenenen. Sekarang udah bisa mengucapkan kata yang bermakna dan jelas banget. Tentunya Papa dan Mama dia ngomongnya sudah sangat fasih (malah kadang ngomongnya BAPAK dan EMAK >.< ) Kalau ditanya orang siapa mamanya, K langsung bisa menunjuk aku sambil berteriak mamaaaaa :D dan setiap aku atau si abang pulang kantor pasti dia langsung heboh tereak-tereak Mamaaaa… Papaaaa… Duuuhh pokoknya setiap dia bilang mama kebahagiaan aku meningkat 1000% deh :mrgreen:

Kata yang udah jelas pengucapannya juga adalah Nenek, Lampu, Gajah, Enak, Mamam, Aja (nama temannya – Raja), Cicak, hmmm apalagi yak? Diantara pengucapan lainnya yang juga udah ok tapi masih belum fasih atau jelas seperti Daaaa.. (buat nendanya – yang mengasuh dia), Tiii.. (buat aunty nya), Buuu (buat warna-warna benda abu-abu) Nana (buat banana – pisang, walopun kadang juga jelas seh banana, tapi masih jarang) dan masih banyak lagi a.k.a emaknya lupa :P

Selain pengucapan kata, K sekarang juga udah bisa diperintah-perintah yang sangat membuat emaknya senang bukan kepalang, hihihi. Misalnya dia lagi suka-sukanya diperintahin buat ngambil barang. Barang favorit yang paling dia suka ambil adalah sendal dan maunya pasang sendiri! Karena kesenangan ngambil barang-barang inilah emaknya memanfaatin situasi dengan sangat maksimal. Misalnya kalau lagi nonton TV dan remotenya jauh. Tinggal deh suruh si K ngambil remote dan dia dengan senanng hati riang gembira melakukan tugas mulianya :lol:

Perkembangan tumbuh menumbuh

Lah, apa seh tuh niee? Itu loh maksudnya perkembangan pertumbuhan gigi. Hihihi.

K pertama kali tumbuh gigi adalah pas umur 7 MO dan tumbuhnya itu langsung dua dibagian bawah (yang menyebabkan PD emaknya sakit bukan kepalang >.< ). Nah, karena udah tumbuh pas 7 bulan emaknya tenang dong akan tumbuh gigi-gigi selanjutnya?

Tapi kenyataannya gak lohhhh……

Sampai sekarang 13 MO, K giginya masih aja dua. Terlambat gak seh pertumbuhan giginya ini? Aku terus terang rada galau dengan perkembangannya satu ini. Ya, karena masih baru dua, jadi K belum bisa makan yang keras-keras. AKu masih ngasih makan bubur sangat kasar (hampir kayak nasi sangat lembek gitu deh) soalnya kalau yang terlalu kasar dia masih mual makannya. Emangnya pertumbuhan gigi yang ideal itu umur 13 MO berapa seh? :(

***

Hmmm,, apa lagi yak untuk perkembangan si K. Kayaknya udah dulu deh yak. Nanti kalau ada yang inget baru kita buat postingan baru lagi aja biar banyakan dikit, hahahaha.

ps. btw, si K sekarang lagi pilek neh tante oom, doain cepet sembuh ya, biar bisa disuruh-suruh nyari remote TV lagi :D

ps lagi. dan lagi bulan April nanti K akan jalan-jalan ke Luar Negeri untuk pertama kalinya, mudah-mudahan K nya gak sakit sampe hari H dan pulang ke rumah deh yak >.<

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 508 other followers