Perkembangan Katniss (13 mo)

Tags

, , , , , , , , , , , ,


Haaaiiiii ….. Haaaallllooooo… apakabar semuanya?? Kabar baek kan yak :D

Tadinya si Niee mau menuliskan perkembangan K pas dia masih umur 12 MO atau pas 1 tahun. Ya tapi rencana tinggallah rencana yak. Kita lanjut aja di 13 MO :P

Perkembangan Motorik Kasar

Karena K pada awal perjalanan motorik kasarnya agak terlambat dibandingkan dengan bayi-bayi pada umumnya (dia baru bisa tengkurap sendiri umur 4 bulan dan baru bisa guling-guling umur 5 bulan) jadi aku gak berharap banget K bisa cepet jalannya.

Umur 6 bulan K baru bisa merayap, umur 7 bulan baru bisa merangkak dengan benar dan umur 8 bulan barulah K bisa duduk sendiri tanpa didudukkan (dia bisa duduk dengan didudukkan umur 7 bulan).

Makin kesini K makin mengejar ketertinggalan di awal perkembangan motorik kasarnya. Di umur 10 bulan K udah bisa berdiri sendiri dan diumurnya yang ke 11 bulan akhirnya K memperlihatkan langkah pertamanya (dan aku bersyukur banget aku yang melihatnya pertama kali :) )

Karena masih gak yakin, aku memprediksikan K akan lancar berjalan diumur 14-15 bulan gitu deh. TAPIIII ternyata K berjuang untuk bisa jalan sendiri sangat besar loh. Dia selalu mau kalau disuruh-suruh berlatih jalan dan tepat diumur 12 bulan K resmi bisa jalan dan lari-larian. Horeeeeyyyyy :mrgreen:

Perkembangan visual dan sosial

Sebenarnya perkembangan ini gak terlalu aku perhatiin dari sejak awalnya. Jadi rada-rada lupa kapan yak pertama kali si K bisa mengucapkan kata, hihihi.

Karena kesalahan fatal itulah aku mau menuliskan perkembangan itu disini, supaya ntar kalau si anaknya nanya, ma kapan yak K pertama kali ngomong ya aku bisa jawab (dan kalau lupa bisa nyontek disini, :P ).

Diusia 12 MO kemaren K emang banyak sekali perkembangannya. Dari yang dulu-dulunya cuma bisa ngomong papapapapa-mamamama-nenenenen. Sekarang udah bisa mengucapkan kata yang bermakna dan jelas banget. Tentunya Papa dan Mama dia ngomongnya sudah sangat fasih (malah kadang ngomongnya BAPAK dan EMAK >.< ) Kalau ditanya orang siapa mamanya, K langsung bisa menunjuk aku sambil berteriak mamaaaaa :D dan setiap aku atau si abang pulang kantor pasti dia langsung heboh tereak-tereak Mamaaaa… Papaaaa… Duuuhh pokoknya setiap dia bilang mama kebahagiaan aku meningkat 1000% deh :mrgreen:

Kata yang udah jelas pengucapannya juga adalah Nenek, Lampu, Gajah, Enak, Mamam, Aja (nama temannya – Raja), Cicak, hmmm apalagi yak? Diantara pengucapan lainnya yang juga udah ok tapi masih belum fasih atau jelas seperti Daaaa.. (buat nendanya – yang mengasuh dia), Tiii.. (buat aunty nya), Buuu (buat warna-warna benda abu-abu) Nana (buat banana – pisang, walopun kadang juga jelas seh banana, tapi masih jarang) dan masih banyak lagi a.k.a emaknya lupa :P

Selain pengucapan kata, K sekarang juga udah bisa diperintah-perintah yang sangat membuat emaknya senang bukan kepalang, hihihi. Misalnya dia lagi suka-sukanya diperintahin buat ngambil barang. Barang favorit yang paling dia suka ambil adalah sendal dan maunya pasang sendiri! Karena kesenangan ngambil barang-barang inilah emaknya memanfaatin situasi dengan sangat maksimal. Misalnya kalau lagi nonton TV dan remotenya jauh. Tinggal deh suruh si K ngambil remote dan dia dengan senanng hati riang gembira melakukan tugas mulianya :lol:

Perkembangan tumbuh menumbuh

Lah, apa seh tuh niee? Itu loh maksudnya perkembangan pertumbuhan gigi. Hihihi.

K pertama kali tumbuh gigi adalah pas umur 7 MO dan tumbuhnya itu langsung dua dibagian bawah (yang menyebabkan PD emaknya sakit bukan kepalang >.< ). Nah, karena udah tumbuh pas 7 bulan emaknya tenang dong akan tumbuh gigi-gigi selanjutnya?

Tapi kenyataannya gak lohhhh……

Sampai sekarang 13 MO, K giginya masih aja dua. Terlambat gak seh pertumbuhan giginya ini? Aku terus terang rada galau dengan perkembangannya satu ini. Ya, karena masih baru dua, jadi K belum bisa makan yang keras-keras. AKu masih ngasih makan bubur sangat kasar (hampir kayak nasi sangat lembek gitu deh) soalnya kalau yang terlalu kasar dia masih mual makannya. Emangnya pertumbuhan gigi yang ideal itu umur 13 MO berapa seh? :(

***

Hmmm,, apa lagi yak untuk perkembangan si K. Kayaknya udah dulu deh yak. Nanti kalau ada yang inget baru kita buat postingan baru lagi aja biar banyakan dikit, hahahaha.

ps. btw, si K sekarang lagi pilek neh tante oom, doain cepet sembuh ya, biar bisa disuruh-suruh nyari remote TV lagi :D

ps lagi. dan lagi bulan April nanti K akan jalan-jalan ke Luar Negeri untuk pertama kalinya, mudah-mudahan K nya gak sakit sampe hari H dan pulang ke rumah deh yak >.<

Pekerjaanku, suka?


Aku sampai sekarang kadang masih menganggap pekerjaanku sangat menyedihkan. Menyedihkan dalam hal ini adalah sebuah pekerjaan monoton yang gak ada tantangannya sama sekali. Datang dan kemudian menyelesaikan pekerjaan yang kebanyakan tidak ada tenggat waktunya (kecuali satu tahun anggaran berakhir) dan itu akan berulang ditahun selanjutnya.

Resiko hampir tidak ada. Walaupun dengan tetek bengek pemeriksaan dari inspektorat, bpkp, bpk bahkan mungkin kadang kpk tapi toh itu bukan untuk aku. Aku hanya berproses di administrasi yang kalau salah hanya akan dapat teguran secara administrasi (walaupun dalam hal ini aku sangat bersyukur tidak berurusan dengan keuangan yang pake duit negara) tapi dalam hal lain menjadi sangat datar.

Sering aku berkoar dengan teman teman (yang profesinya berlainan denganku) bahwa pekerjaan aku membosankan. Kenapa seh kalian masih mau setiap tahunnya beramai ramai ikutan tes ini yang jika lolos dikatain nyogok dan jika gak lolos ngatain yang lolos curang? (padahal hei aku masuk dengan tanpa modal satu rupiahpun, dan aku yakin temen temen seprofesi aku juga sama dengan itu. Dan lalu yang nyogok itu siapa?)

Alasan mereka beragam tentu saja, tapi satu garis yang dapat aku tarik benang merahnya adalah mereka ingin mempunyai pekerjaan yang jika dapat tidak lagi deg degan akan diPHK.

Dan itu terjadi kepada orang terdekatku.

Kerja di perusahaan yang sepertinya kuat dan sudah bertahun tahun ternyata gak menjamin kita bisa bekerja sampai akhir hayat dan tenaga kita. Punya dua anak yang perlu makan dan biaya sekolah bukan hal mudah untuk bisa tetap tegar menjalani hidup sambil terus berupaya mencari pekerjaan lain yang pada akhirnya akan merakan degdegan yang sama bukanlah perkara mudah.

Dan kembali lagi dengan pekerjaanku. Suka gak Niee?

Oh well, sepertinya suka dan monotonnya itu kembali lagi pada diri kita sendiri. Kalau aku bekerja di bidang ini dan aku rasa sudah membosankan dan monoton, mungkin disaat itulah negara memerlukan pemikiran dan ide ide aku untuk diungkapkan dan dilakukan demi kemajuannya.

Mungkin pemikiran membosankan yang ada dikepala aku yang membuat pekerjaan ini terlihat gak menarik sama sekali.

Toh, kita ini bukan mesin yang cuma menerima perintah atasan tanpa memberikan masukan masukan lain pada mereka.

Jadi Niee, suka gak dengan pekerjaannya?

Ya, bukan masalah suka gak suka sepertinya. Tapi dinikmatin aja. Sambil bersyukur masih bisa sibuk menikmati pekerjaan disaat banyak orang sibuk mencari pekerjaan.

Katniss Ulang Tahun!!

Tags

, ,


*Tapi udah seminggu yang lalu* *krik*

Ya gak papa lah ya. Yang penting sesuatu hal yang penting ini harus kudu musti ditulis diblog. Biar ada momorinya, hihihi.

Jadi ceritanya 23 Januari kemaren Katniss tepat berulang tahun yang pertama. Huwaaaa… Gak terasa banget yak (dalam beberapa hal seh :P) Bayi yang aku lahirin tepat setahun yang lalu kini udah bertranformasi menjadi balita.. *terharu*

Beberapa hari sebelum ulangtahun si K rada bertingkah soal makan. Malah sempet dua hari sebelum hari H dia gak mau makan sama sekali! Setiap sendok diarahkan kemulutnya selalu aja ditepis. Emaknya kan jadi galau takut anaknya kurus (kayak emaknya :( ).

Syukurnya pas hari H dia udah mau makan lagi. Mungkin itu syndrom bayi yang mau ulang tahun *ngasal* :lol:

Jadi kegiatan pas si K ulangtahun apa Niee?

Rencananya seh aku mau ngadain perayaan kecil-kecilan bertiga doang sama abang di rumah baru (iyes, akhirnya si Niee dan abang punya rumah sendiri :mrgreen: ) Etapi rencana itu gagal seiring dengan belum siapnya rumah hingga beberapa bari – H si K ulangtahun.

Karena plan A gagal. Jadi merencanakan plan B dimana merayain si K ulangtahun di rumah neneknya. Maunya kembali lagi cuma ngerayain bertiga ditambah nenek dan auntynya doang. Etapi neneknya gak setuju dong! Dia maunya para sepupu yang punya anak sepantaran K diundang juga. Huh! Gak jadi deh privat party :(

Tapi gak masalah lah ya. Anggap aja kumpul-kumpul keluarga :D

Tema Ulangtahunnya Apa Niee?

Nah ini yang susah sebenarnya. Si Niee itu kalau kerja kurang berkonsep deh. Awalnya yang ditentuin adalah model kuenya. Aku milihnya model kue yang simple aja. Nah udah dapet model dan warna kuenya jadi aku mulai milih-milih baju buat si K. Dapet deh dengan warna yang sesuai. Setelah itu yang rada rancu.

Temen-temen kantor nyaranin akunya pake tema (padahal sebenarnya aku udah nemain pake warna aja, tapi katanya kurang) jadilah aku mulai menetapkan tema Sofia buat acaranya. Awalnya mau ganti kuenya juga. Tapi karena mikir ribetnya jadi gak jadi deh :P Tema Sofia ini sebenarnya cuma buat latar sama warna balonnya doang. Sedangkan yang laennya masih campur aduk dengan angry bird dan hello kity *doh*

Ya, anggap aja temanya senang-senang :D

OK, segitu dulu updatean cerita K. Ntar nyambung lagi cerita liburannya yang tertunda yak :P

DSC_0112

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 503 other followers