Tags

, , , , , , , , , , , ,


Haaaaiiii… Haaloooo.. Apakabar semuanyaa?
Yak, udah pada tahu dong, akhir-akhir ini aku gencar banget memilih bank untuk membuka tabungan. Maklum lah teman, pegawai baru macam aku ini pasti harus langsung tancap gas untuk membangun rencana masa depan yang baik dan benar *halah :mrgreen: Mumpung masih single yang belum ada kewajiban yang berarti deh. Lagian siapa tahu kan suatu saat aku bisa nggak jadi pegawai lagi tapi udah jadi pengusaha dan menikmati kebebasan finansial sebelum usia 30 tahun gitu deh kayak Merry Riana ;) kan masih ada waktu 7 tahun gitu lah ya boow.. (amiiiinnn ya Allah :oops: )
Selain untuk menabung tentu aku bakalan memilih bank yang menyediakan layanan perbankan lengkap yang membuat kegiatanku mudah dan simple. Layanan yang lengkap itu menurut aku adalah yang semua-semua Produk Perbankan ada, terutama untuk aku yang aktif belanja belanji dan membayar tagihan kredit gadget yang menumpuk (iihh ketahuan deh pernah kredit HP dan masih eksis kredit laptop :P ). Aku perlu sebuah bank yang memberikan kemudahan transaksi baik dalam bentuk offline maupun online. Males banget kan harus bayar tagihan dengan uang tunai, nggak berasa keren aja gitu (maluuu lebih tepatnyaaa,, hahahaha)
Kemudahan transaksi itu ibaratnya jika ingin mengetahui saldo rekening, aku bisa pada saat itu juga aku mengeceknya, ingin transfer uang ke rekening baik sesama bank maupun antar bank tinggal klik dari komputer atau pencet tombol HP. Perlu uang tunai? Tinggal datang ke Automated Teller Machine atau yang lebih dikenal dengan ATM yang letaknya deket dengan rumah alias dimana aja ada, sampe ke pelosok Indonesia kalau aku lagi traveling gitu ;) . Mau nabung tinggal dateng ke ATM-nya aja yang nggak perlu ngantri, bisa nabung kapan aja yang nggak terpatok waktu (coz aku kan susah buat izin keluar kantor cuma buat nabung ke bank!), mau pesen tiket pesawat dan booking hotel juga bisa. Simple as that!
1. Transaksi Perbankan melalui ATM

Penataannya bagus banget yak ATMnya :mrgreen: (sumber : the-marketeers.com)

Walaupun sekarang sudah banyak transaksi perbankan melalui metode lainnya yang lebih praktis, tapi ATM tidak pernah lekang dimakan jaman. Soalnya dialah  yang bisa menyediakan uang tunai kan yak? :mrgreen: , Di Indonesia (bahkan di dunia) rasanya uang tunai belum tergantikan deh. Bayangin aja kalau seperti aku yang segala sesuatunya masih kemana-mana pake transportasi motor. Kalau tiba-tiba ada kejadian motor aku bannya kempes, ya tukang tambal ban nggak terima kartu kredit atau debet donk? :P
Lagian ATM sekarang fungsinya udah berubah dari yang hanya mesin tarik tunai menjadi mesin serba guna seperti setor uang tunai, transfer, pembayaran seperti pembayaran tagihan telepon, kartu kredit, PLN dan lain sebagainya. Selain itu ATM juga bisa menjadi pengganti Customer Service yang cepat kerjanya, dan yang pasti 24 jam dong!
Karena itu penting banget ATM ada dimanapun dan dekat dengan tempat beraktifitas kita. Deket dengan rumah, deket dengan kantor, deket dengan tempat belanja dan pelayanan publik lainnya. Males banget kan pas genting-gentingnya perlu uang tunai tapi untuk sampe ke ATM-nya jauuhh benerrr…

2. Transaksi Perbankan melaui Ponsel dan Komputer

Dibanding dengan internet banking, aku lebih memilih SMS banking. Kenapa? Soalnya nggak selamanya aku berada pada tempat yang memberikan layanan akses internet. Kalaupun ada smartphone, tapi untuk urusan duit dan uang (laahh apa bedanya coba :P) kok aku masih takut yak menggunakan handphone yang jaringannya kembang kempis. Siapa tahu pas aku udah masukin sejumlah uang, eehh internetnya malah ngadat, yang aku kira uangnya belum sampe terus aku transfer lagi dong, malah ternyata melakukan transaksi double. TIDAAAKKKK!! :cry:
Makanya bank yang aku pilih haruslah yang mempunyai fasilitas SMS banking, namun tetap harus punya fasilitas internet banking juga dong. Soalnya mikir aja gitu kalau misalnya aku mau booking tiket pesawat atau pesan hotel saat ingin travelling pastinya lebih cepat lewat internet banking kan yak.
Ya, intinya seh dua paket ini saling melengkapi, SMS jika nggak ada signal atau signalnya lagi jelek. Internet dipilih kalau ada jaringan internet yang bagus :D

3. Transaksi Belanja

Nah, ini yang nggak kalah penting. Karena pas masuk kerja dulu, aku memilih memasukkan gaji otomatis ke rekening bank, bukannya mendapat uang tunai di bagian keuangan (yang alasannya kerena nggak mau ribet aja ngantri gajian kayak ngatri sembako :lol ). Maka, kadang kalau lupa mengambil uang tunai gaji di awal bulan tapi udah terlanjur menenteng keranjang belanjaan di mall nggak lucu juga kan yak keluar dulu ke ATM baru bayar belanjaannya ke kasir? :P Saat seperti inilah kartu debit, kartu kredit, atau tarik tunai berperan sangat penting.
Selain nggak perlu banyak bawa uang tunai yang pastinya khawatir juga soal masalah keamanan, menggunakan kartu untuk keperluan berbelanja juga untuk mengantisipasi banyaknya pecahan kecil yang biasanya kita dapat saat kembalian. Ya, bukan rahasia umum dong kalau uang receh itu buat cepet uang kita habis nggak tahu kemana :lol: (atau aku aja kali yak >.< hihihi).
Jika menggunakan kartu tarik tunai, selain bisa membayar belanjaan, kita juga sekalian bisa tarik uang tunai dari kasir kan yak. Lumayan untuk bayar parkir dan uang jaga-jaga tadi kalau ada masalah tak terduga di jalan :D

***

Selain kemudahan dalam transaksi, aku juga ingin mempunyai tabungan di bank yang bisa membantu masa depan aku tentunya, seperti investasi dan kredit kepemilikan rumah yang mana sulit bener nyari sebuah bank yang sudah lengkap plek-plek pelayanan perbankannya.
Tapi setelah aku berkeliling dari bank ke bank dan bertanya kepada temen-temen kantor serta membaca artikel tentang perbankan, akhirnya aku tahu bahwa ada bank yang bisa mewujudkan semua keinginan aku di atas. Apalagi kalau bukan BCA. Terlebih lagi karena abang aku sudah lebih dari 5 tahun menggunakan tabungan BCA dan lebih dari setahun ini menggunakan kartu kreditnya dan belum ada masalah, jadi makin yakin deh aku untuk membuka tabungan disini.

Selain karena hal di atas, sebenernya seh ada satu hal penguat yang akhirnya yakin memilih BCA untuk membuka tabungan disana. Apalagi kalau bukan pemilihan saat transaksi belanja online. Udah bukan rahasia kalau ada orang yang jualan di media online pasti pemilihannya hanya 2, ya salah satunya adalah BCA yang merupakan solusi perbankan yang tepat bagi bisnis online.
Berfikir siapa tahu suatu saat aku akan mulai berbisnis online, jadi aku nggak akan ribet lagi untuk membuka tabungan untuk pembayarannya kan :D. Lagian BCA juga sekarang udah mempunyai produk yang pas banget buat anak muda yang update dengan teknologi dalam Tahapan Xpresi. Syaratnya mudah loh, hanya bagi kalian yang berumur dibawah 25 tahun seperti aku gini deh (horeeeee,,, berasa muda karena masih masuk, hehehe). Untuk pembukaan rekeningnya juga murah kok, cukup dengan 75 ribu rupiah kita sudah bisa dapet tabungan di BCA.
So, udah yakin bener deh aku untuk membuka tabungan di BCA ini. Ada yang mau ikut aku? Atau udah pada punya yak rekening BCA-nya? :)
About these ads