Penah denger apa itu stand up comedy? Jujur aku baru dengar beberapa minggu belakangan ini melalui timeline @pandji yang sedang heboh-hebohnya ingin mengadakan stand up comedy indonesia. Bahkan dia dan timnya melaksanakan audisi terbuka untuk merekrut calon-calon stand up comedian di Indonesia melalui 5 kota besar. Sebelumnya, untuk memperkenalkan stand up comedy, dia juga menyelenggarakan event stand up comedy di Jakarta yang didukung oleh beberapa artis seperti @ernestprakasa, @adriandhy, @ismanhs, dan @radityadika.

Terus sebenarnya apa seh stand up comedy itu?

Menurut situs curipandang.com stand up comedy adalah seni melawak (komedi) yang disampaikan di depan penonton secara langsung (live). Biasanya sang komedian akan melakukan one man show. Melemparkan lelucon melalui monolog atau statement dalam satu kalimat yang mengandung humor. Komedian di jalur ini biasanya menulis skrip lawakannya untuk tampil dalam 20-45 menit. Kadang-kadang mereka memakai alat bantu untuk menyampaikan lelucon mereka. Meskipun stand up comedy, pelawak ngga harus terus menerus berdiri, beberapa pelawak menyampkain sambil duduk seperti sedang bercerita pada kita. Sejarah stand up comedy dimulai sejak abad 18 di Eropa dan Amerika. Dalam sejarahnya perkembangan stand up comedy juga ditemui di berbagai benua. *ini aku copas, malas nulis ulang* :P

Sebenarnya Raditya Dika juga udah ngejelasin tentang stand up comedy melalui akun twitternya @radityadika yang bisa kalian baca di sini.

Indonesia sendiri sebenarnya sudah mempunyai komedian yang menggunakan gaya stand up comedy, yang paling terkenal seh  Butet Kertarajasa. Yak, siapa juga yang gak kenal Butet dengan gaya komedia monolognya.

Berikut ini adalah beberapa video stand up comedy yang baru saja dilakukan di Jakarta:

Jujur aku sangat sulit untuk ketawa jika menonton tayangan komedi di TV. Berani taruhan deh, aku bisa gak ketawa sedikitpun kalau menonton sejenis OVJ tanpa menahannya sama sekali. Lah wong emang gak merasa lucu apa yang mau ditahan? :P

Lagian cara komedi mereka yang hanya memperlihatkan kebodohan dengan tingkah-tingkah aneh membuat aku bukannya ketawa malah menyeritkan kening. Ah, gak banget dah.

Stand up comedy sendiri bukan seperti komedi kebanyakan. Mereka melemparkan beberapa isu nyata dengan gaya yang gak konyol (dan tentu mukanya juga :mrgreen: ) yang menurut aku perlu banyak pengetahuan dulu bagi para penontonnya untuk mengerti di mana letak kelucuannya.

Aku sendiri ngerasa cocok dengan gaya komedi seperti ini. Cerdas dan gak membodohkan diri hanya untuk ngelucu. 8)

MAJULAH STAND UP COMEDY INDONESIA:mrgreen:

nb: Kalau mau melihat video lengkap stand up comedy indonesia bisa langsung menuju ke akun youtubenya di sini.

nb lagi: karena stand up comedy itu kekuatannya dari bahan ceritanya, jadi aku gak bisa menikmati menonton stand up comedy dari luar. Ya apalagi kalau bukan karena terkendala bahasa *hadeh, inggris aku kacau banget bo* #hiks :cry:

