Bekal Liburan Si K!

Tags

, , , , , , ,


Haaaiiiii… Halloooo.. Apakabar semuanyaaa??

 

Libur telah tiba… LIbur telah tiba… Hore Hore Hore!!! *eh masih ada hari senin ding masuk kantornya* :cry: Gak sabar pengen cepet-cepet beresin kerjaan biar bisa mulai siap-siap liburan. Apalagi ini bakal jadi liburan pertama Niee sejak hamil dan melahirkan. Si K bakal nyobain naik pesawat pertama kali. Udah mulai mikir-mikir sih apa aja yang mau dibawa buat bekal K selama di atas pesawat dan di Jakarta. Perlu diingat-ingat neh, seminggu sebelum berangkat, baju-baju si K harus mulai dicuci biar nanti gak kekurangan. Mesin cuci yang bagus kesayangan Niee, siap-siap kerja keras ya… Kan jarang dipake juga :P Eh, bawa berapa koper ya? Perlengkapan si K sendiri banyak banget. Aku konsisten buat gak memberikan makanan instan buat K soalnya. Jadilah segala kompor, talenan, panci, pisau dan kawan-kawannya bakalan nangkring manis di dalam koper :mrgreen:

 

Mudah-mudahan gak repot buat urusan makanan si K. Dari hasil baca-baca di internet, ada beberapa saran praktis biar jadwal ASI dan MPASI bayi gak terganggu selama perjalanan dan liburan.

 

Kasih ASI dalam perjalanan

 

Setiap ibu berhak menyusui bayinya kapan saja dan di mana saja, termasuk di atas pesawat kan yak. Tapi, buat kepentingan jaga privasi kalau memang mau menyusui bayi di pesawat bisa pakai kain penutup yang disiapin dari rumah. Nah, sekarang inilah bergunanya kado dari auntynya K yang setelah anaknya umur hampir 11 bulan gak pernah dipake :P

Buat jaga-jaga aku mau bawain K jus di dalam botol seh kalau susah diruang tunggu menyusuinya, toh susu cair (atau jus boleh kali yak?) bayi bukan termasuk cairan yang dilarang dibawa penumpang pesawat.

Minum susu (apalagi nenen emaknya) bisa menenangkan bayi yang pasti ngerasa kupingnya gak nyaman karena perubahan tekanan udara. Waktu menelan itu loh yang bikin kuping jadi lega. Pontianak-Jakarta kira-kira 4 jam udah termasuk waktu tunggu di bandara, perjalanan darat dari dan ke bandara. Belom lagi habis dari Bandara akunya langsung cus menuju bogor pake Damri.. Mantap deh perjalanan si Niee mah :D

 

Bagaimana dengan MPASI-nya?

 

Rencananya seh, karena jadwal pesawatnya pukul 9.45 WIB, jadi perkiraan emaknya K akan makan setibanya di Bandara. Maish mikir seh mau makan dibagian mananya bandara *galau* Kayaknya perlu bawa banyak tisu basah dan yang pasti celemek bayi. Yang pasti baju K gak bakalan selamat deh walaupun udah pake celemek, semoga di Jakarta nanti ada mesin cuci yang bagus buat pakaian bayi.

 

Untungnya larangan bawa cairan ke dalam pesawat gak berlaku buat makanan dan minuman bayi. Karena jadwal makannya di bandara, udah dipastiin dong makanan K akan dibawa. Nah, satu lagi barang berguna setelah sekian lama dibeli. Apalagi kalau bukan thermos makanan bayi.. hahahaha…

 

Apa lagi ya?

 

Daftar bekal si K kayaknya udah panjang banget, tapi rasanya masih ada yang kurang. Mungkin barang-barang ini perlu dibawa ke kabin pesawat juga:

 

  • Mainan buat ngibur dia selama perjalanan. Ini masih bingung deh mau bawa apaan. Ada ide man teman?
  • popok cadangan
  • tisu basah buat jaga-jaga waktu ganti popok
  • cadangan makanan kalau jadwalnya molor

 

Sementara baru itu yang kepikir. Penerbangan sekitar sejam aja persiapan buat si K udah banyak banget gitu. Gimana tahun depan kalau terbang ke Bangkok?! Aaahh, tapi inikan emang mau nyoba sebelum perjalanan jauh itu. Dan pas dibangkok semoga K udah bisa makan nasi, jadi alat tempurnya udah bisa dikurangi kan yak.. hehehehe..

Bulan Desember Ini…

Tags

, , , , ,


Haaaiii… Haalloooo.. Apa kabar semuanyaaa??

Ya ampun, udah mau desember aja yak.. Rasanya baru aja Januari. Rasanya baru aja ngelahirin si K, eh ini udah mau akhir tahun aja. Si bayik K juga udah gede aja loh sekarang, umurnya udah 10 bulan. Bener-bener waktu cepet berlalu yak! :mrgreen:

Gimana kabar si K Niee?

Alhamdulillah baek banget. Seperti yang udah aku bilang di atas bahwa si K udah 10 bulan sekarang. Perkembangan K sampe hari ini adalah:

  1. Udah numbuh gigi 2 buah di depan bagian bawah. Ini udah lama seh sebenarnya numbuhnya. Pas umur 7 bulan udah kelihatan bakal giginya dan diumur 8 bulan giginya udah jelas banget.
  2. Untuk motorik halusnya, dia udah bisa tepuk tangan di bulan keenam, udah bisa fasih memegang barang apapun di bulan ketujuh udah bisa dadahdadah dan manggil orang (kayak ngelambaikan tangan gitu) dibulan kedelapan.
  3. Mulai 8 bulan K udah kenal bener dengan orang. Udah tahu kalau bilang mama langsung mandangin aku dan kalau ketemu orang gak dikenal kebanyakan gak mau digendong lagi kecuali dipaksa. Dipaksapun biasanya berujung nangis kejer. hahahaha.
  4. Sosialnya dia udah bisa ngucapin beberapa kata gak jelas. Kayak mamama buat mama, papapa buat papa. Fasih bener kalau minta nyusu langsung bilang nenen nenen (sambil buka-buka baju aku dong!) Kalau orang ngomong udah mau memperhatikan dan udah ngerti bener kalau nonton TV. Syukurnya tayangan TV yang paling K suka itu cuma iklan Mamy Poko! Kalau udah tayang iklan ini langsung duduk diam serius gitu loh :lol:
  5. Umur 7 bulan K udah bisa merangkak, 8 bulan bisa fasih duduk sendiri, 10 bulan udah bisa berdiri sendiri dan sekarang sudah bisa ditateh dong! Aaahh, senengnya K udah bisa ditateh, lucu aja gitu lihat dia jalan dengan semangatnya walopun jalannya masih rada aneh seh menurut aku, hahaha.
  6. Udah bisa melakukan perintah ringan. Misalnya udah bisa ditanya kepala bakalan langsung pegang kepalanya. Kalau ditanya tangan bisa nunjukin tangannya. Dibilang mau pakein sepatu langsung ngangkat kakinya. Disuruh salim udah bisa cium tangan orangnya dan masih banyak lagi (penutupan kalimat padahal lupa :P )

Kalau kabar Emaknya gimana Niee?

Alhamdulillah baek juga. Masih sanggup (walaupun masih sering drama) buat bangun malam nyusuin dan diselingi dengan merah asi. Masih semangat setiap pagi bangun jam setengah lima buat masak MPASI si K (padahal akunya gak pernah masak loh sebenarnya, ya demi anak seh yak *nguap* )

Gak ada yang spesial seh sebenarnya kecuali ini bulan Desember dan bulan Desember di Pemerintahan itu bulannya kerja lembur!

Bapaknya si K seh jangan ditanya lagi yak, pulang malam terus setiap hari sampe sabtu minggu juga kerja. Nah yang jadi masalah adalah kalau aku juga harus lembur gimana? Rasanya kalau udah banyak kerjaan gini merasa emang emak-emak muda itu gak cocok buat bekerja deh yak. Jadi aku siasatin buat ngerjain pekerjaan kantor di rumah.

Pokoknya kerjaan kantor harus beres sebelum tanggal 20 Desember. Karenaaaaa…………….

Tanggal 23 Desember si Niee mau liburaaaaannnn….

Emang liburan kemana Niee?

Gak jauh kok cuma ke Jakarta aje. Hehehe. Cuma ini adalah akan menjadi liburan pertama semenjak hamil dan melahirkan si K. Terakhir aku liburan itu Januari tahun lalu dimana udah 22 bulan yang lalu kan yak.. Hiks

Dan kalau sesuai rencana ini bakalan jadi liburan pertama K naek pesawat! Ini akan menjadi percobaan K buat liburan seh, aku akan mempersiapkan apa-apa aja keperluan K dan nanti akan aku list kekurangan yang aku buat untuk memperbaiki liburan tahun depannya. Karena liburan tahun depannya kita mau ke Bangkok dan KL dong! Aaahhh.. Gak sabar :D

Makanya, doakan si Niee ini dapet nyelesaikan kerjaan sebelum liburan yak. Dan yang lebih penting seh semoga dapet ijin buat liburan seh, hehehe. Maklum, kantor rada lebay neh kantor aku, mau cuti sama ijin libur (yang dapet jatah 3 hari setahun) ribetnya minta ampun dah.

Ayo temen-temen yang di Jakarta, ketemuan sama K yuks :)

Perjuangan ASI (3) – ASIP

Tags

, , , , , , , , , ,


Niat udah kuat, ASI sudah lumayan, tantangan selanjutnya (terutama sebagai ibu bekerja) tak lain dan tak bukan adalah bagaimana caranya agar tetap menyusui tapi tetap bisa punya stok ASIP yang banyak. Mungkin untuk yang ASInya luar biasa banyak seh gak masalah deh yak. Ada temen aku yang sekali pump bisa dapet 500ml ya dia jadi cuma ngandelin pump di tempat kerja. Lah kalau sekali pump cuma dapet 50-150ml ituh begimana Niee?

Yang bagian bawah itu pertama kali belajar pump ASI. dapetnya dikit-dikit.

Yang bagian bawah itu pertama kali belajar pump ASI. dapetnya dikit-dikit.

Aku sendiri waktu pertama kali berlajar merah ASI cuma dapet 20-50 ml gitu (gambar bagian bawah) Awalnya juga belulm tahu kalau ASIP selama masih 24 jam itu masih bisa digabungin jadi satu asalkan suhunya disamain dulu. Jadi gak ada istilahnya ASIP disimpan dikit-dikit gitu :D

Nah, untuk mendapatkan ASIP aku melakukan berbagai cara dan setelah 9 bulan kerjaannya pump ASI terus inilah cara yang aku lakukan supaya bisa mendapatkan ASIP banyak walaupun ASInya gak melimpah yaitu apalagi kalau bukan

Sering-sering diperah

Aku awalnya dulu cuma merah tengah malam. Itupun PD yang akan diperah gak disusuin dulu dari awal malam mikirnya biar ASInya dapet banyak. Bangun dulu sebelum nyusukan si bayik lalu setelah beres-beres langsung susuin deh bayinya. Gak salah seh, tapi ternyata kurang tepat loh. PD yang jarang disusuin akan lebih berkurang ASInya dari pada yang sering disusuin. Jadi triknya adalah pada saat PD satu nyusuin, PD lainnya dipump. Selain praktis karena gak perlu bangun dua kali hanya untuk merah dan nyusuin, ini juga berfungsi aja pasokan ASI dikedua PD bisa sama.

Kalau bisa seh setiap nyusukan PD satunya diperah. Tapi kalau aku terkendala dengan breastpumpnya yang harus dicuci dulu sebelum dipake lagi. Masak tengah malam aku harus nyuci botol kan yak? Manalah bangunnya pun sering. Jadi aku hanya pompa dua kali kalau malam. Pertama pas awal malam, jadi pas makan malam aku bisa cuci breastpumpnya. Terus pas tengah malam. Selesai.

Kalau sebelum cuti berakhir rasanya cukup dua waktu itu deh, asal konsisten selama 3 bulan pasti udah penuh deh ASIPnya. Bayinya sendiri gak perlu dipakein botol dari awal. K sendiri baru mengenal botol pada saat umur 2 bulan. Setiap hari K disusuin botol sekali. Nah, kalau udah gini pas bayinya nyusu botol kitanya juga harus merah ASInya biar ritme menyusuinya tetep dapet.

Setelah selesai masa cuti kegiatan perah memerah ASI makin banyak. Ya apalagi kalau bukan di kantor. Idelanya seh 2-3 jam sekali PD kita tetep harus diperah. TAPI ya karena males akunya cuma perah ASI dua kali. Pertama jam 10 pagi dan kedua jam 2/3 siang. Jadi jarak setiap menyusukan 4 jam.

Rata-rata aku dapet ASIP setiap harinya 400-500ml untuk 4 kali merah itu siang dan malam – gak banyak yak :D Alhamdulillah kebutuhan nyusu si K juga segitu aja (selama jam kerja dari jam 7 pagi sampe jam 4 sore) tertutupi lagi karena dari semenjak cuti aku udah nyetok jadi ASIPnya standby sebanyak kurang lebih 60 botol 100ml.

Yang aku lihat dari cerita yang gagal untuk ASI Eksklusif adalah karena mereka males untuk nyetok dari semenjak masa cuti. Atau karena berasa stok ASIPnya ada jadi banyak juga yang pake stok itu untuk gantian nyusuin babynya. Sayang banget menurut aku.

Kalau pendapat aku seh stok ASIP selama cuti jangan pernah dipake kecuali untuk melatih babynya buat nyusu dengan botol atau ada keperluan medesak jadi kita perlu keluar rumah sendirian. Fikirian aja enaknya kita pas kerja nanti kalau stok ASIPnya melimpah. Kerja tenang, bayinyapun senang kan yak :)

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 495 other followers